Cara Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Darah

Cara Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Darah

Jantung adalah organ peredaran darah utama yang kesehatannya wajib Anda jaga dengan baik. Menjaga kesehatan organ peredaran darah akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit peredaran darah. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya hipertensi, gagal jantung, dan kardiomiopati. Menjaga agar jantung tetap sehat dan peredaran tetap lancar itu sebenarnya mudah dan murah.

5 Tips Menjaga Kelancaran Peredaran Darah

5 Tips Menjaga Kelancaran Peredaran Darah

Dalam kondisi normal, Anda tidak memerlukan berbagai suplemen atau obat-obatan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Dikutip dari Hello Sehat, Ikuti 5 tips berikut untuk menjaga kelancaran peredaran darah.

1. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok dan belum memiliki keinginan untuk berhenti, sangat disarankan untuk mempertimbangkan keputusannya. Nikotin dalam rokok, terbukti merusak pembuluh darah sekaligus mengentalkan darah. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi terganggu. Apapun jenisnya, dari mulai rokok biasa hingga rokok elektrik memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan Anda.

2. Jangan Sampai Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan memiliki dampak yang buruk untuk tubuh, khususnya peredaran darah. Obesitas menghambat sistem peredaran darah dan memicu penumpukan plak pada pembuluh arteri. Risiko terkena serangan jantung dan stroke menjadi lebih besar. Menghindari Obesitas dan menjaga berat badan ideal merupakan hal yang perlu Anda lakukan untuk merawat kesehatan organ peredaran darah.

3. Mengelola Stres

Meditasi, Yoga, mendengarkan musik yang menenangkan, curhat, dan menikmati teh hangat merupakan sebagian dari banyaknya cara menghadapi stres. Masing-masing individu memiliki caranya masing-masing untuk mengelola stres. Jika stres tidak dikelola dengan baik, sirkulasi darah akan terganggu karena terjadinya penyempitan. Jika dibiarkan dan Anda sedang mengalami sakit, bukan tidak mungkin dampaknya bisa lebih buruk.

4. Mengkonsumsi Makanan untuk Memperlancar Peredaran Darah

Makanan-makanan untuk memperlancar peredaran darah diantaranya bawang bombay (antioksidan), sitrus, buah beri (penangkal radikal bebas), kacang kenari, kunyit, sayuran hijau, buah delima, dan cabai (nitrit oksida).

5. Olahraga Rutin

Tidak perlu ke gym jika memang sulit. Ada banyak aktivitas fisik atau olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa harus bepergian terlebih dahulu. Berlari atau aerobik contohnya. Anda bisa melakukannya di rumah atau di sekitar rumah. Tidak perlu berat dan mahal, yang penting rutin. Selama hal tersebut dipraktekkan kesehatan organ peredaran darah Anda dijamin akan lancar dan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *